#ContactForm1 { display:none !important; }

Kegiatan Membaca Bersama Anak

 Membaca bersama anak merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi pendidikan dan masa depan anak. Beberapa penelitian tentang membaca bersama anak menghasilkan kenyataan bahwa kegiatan membaca bersama anak, memberi banyak hal positif, sebut saja misalnya : membantu mereka mendengar bahasa dalam cara baru dan berbeda, memberi mereka rasa cerita, mengarahkan pada kinerja yang lebih baik dalam membaca, menulis, mendengarkan dalam mata pelajaran sekolah serta menciptakan ikatan emosional antara pembaca dan anak.

Berikut ini 10 tips untuk memaksimalkan kegiatan membaca bersama anak:

1. Usahakan untuk membaca setiap hari, bahkan jika Anda hanya memiliki beberapa menit. Model membaca setiap hari ini merupakan bagian penting dari rutinitas yang menyenangkan bagi anak karena mereka selalu menantikan waktu khusus bersama orangtuanya.

2. Menciptakan tempat yang nyaman untuk membaca bersama-sama. Hal ini dapat dilakukan melalui kursi khusus, atau bahkan tumpukan bantal.

3. Biarkan anak Anda untuk memilih buku yang akan dibaca. Hal ini bertujuan untuk membuatnya merasa penting. Ajak Anak untuk mengunjungi perpustakaan secara rutin, sehingga membuat dirinya dapat memilih buku secara mudah dan menyenangkan.

4. Bicarakan juga tentang Sampul Buku. Mintalah anak Anda untuk menebak isi buku yang akan dibaca. Siapa karakternya? Apa Judulnya? Siapa penulisnya?

5. Seringlah mengubah intonasi suara untuk mengikuti karakter dan adegan dalam buku layaknya Anda tengah mendongeng. Pastikan juga Anda tidak membaca terlalu cepat dan terburu-buru untuk menyelesaikan bacaan.


6. Tampilkan juga gambar-gambar yang ada di buku selagi Anda membaca. Gambar tersebut akan membantu anak memahami dan terhubung dengan buku, sekaligus menembangkan imajinasinya.

7. Setelah Anda membaca buku, ulangi kembali tentang ceritanya. Tunjukkan beberapa kata-kata sulit untuk melihat apakah anak Anda telah menyerap isi buku.

8. Saat membaca, cobalah untuk membuat koneksi atau pengumpamaan ke sesuatu hal yang ada dalam kisah dengan kehidupan sehari-hari anak Anda.

9. Mintalah anak Anda untuk mengajukan pertanyaan dan kritik tentang isi buku. Hal ini dilakukan dengan mengajukan pertanyaan, Apa yang kamu sukai dari buku ini? Apa yang membuat kamu tertawa? Apa yang kamu pelajari?

10. Variasikan selalu buku-buku yang Anda baca. Campurkan selalu antara buku fiksi dan nonfiksi, sehingga nantinya Anak anda dapat memilih genre mana yang menjadi favoritnya di masa depan.

Kegiatan membaca anak memberikan dampak hubungan personal yang semakin dekat dan juga menanamkan kegemaran anak untuk membaca yang nantinya menjadikan kebiasaan yang sangat bermanfaat bagi anak, khususnya dalam menambah pengetahuan dan wawasan mereka.