#ContactForm1 { display:none !important; }

Membentuk Kebiasaan Membaca Kepada Anak

 Tidak dipungkiri bahwa banyak anak-anak yang tidak menyukai kegiatan membaca, terlebih dengan tersedianya banyak media digital yang menyediakan konten digital yang lebih menarik seperti tiktok, youtube, dan lain-lain. Tidak bisa dipungkiri juga betapa pentingnya kegiatan membaca karena dengan membaca mereka mendapatkan banyak informasi disamping merangsang mereka untuk berpikir dengan lebih kreatif dan analistis.

Untuk menanamkan kebiasaan membaca kepada anak, tentunya perlu usaha dari para orangtua. Berikut ini beberapa kegiatan sederhana yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk membentuk kebiasaan membaca kepada anak-anak mereka:

  • Bacakan cerita kepada anak: Anak-anak suka dibacakan dan mendengar cerita dari orangtua. Habiskan setidaknya 15 menit setiap hari untuk membaca buku yang menarik bagi anak.
  • Jadikan kegiatan membaca menyenangkan: Ciptakan area khusus di rumah untuk membaca dengan bantal atau kursi yang nyaman, sertakan pembatas buku dan stiker warna-warni. Orangtua juga dapat membuat tantangan membaca seperti “baca sepuluh buku bulan ini” dan mereka akan mendapatkan hadiah setelah tantangan selesai. 

  • Bangun perpustakaan rumah: Anak-anak harus dikelilingi oleh buku di setiap tahap perkembangannya. Lakukan perjalanan rutin ke perpustakaan dan toko buku setempat; biarkan mereka memilih buku mereka sendiri untuk mengembangkan minat mereka.
  • Menjadi model membaca: Berikan contoh yang baik sebagai panutan mereka dengan membaca sendiri secara teratur.
  • Gunakan teknologi dengan bijak: Variasikan penggunaan buku digital atau e-book bersama dengan buku cetak, yang dapat membuat membaca menjadi lebih menyenangkan.
  • Dorong juga kegiatan yang berhubungan dengan membaca di luar sekolah: Dorong anak-anak untuk berpartisipasi dalam klub buku, pertunjukan teater berdasarkan buku, menghadiri pameran buku, dll. Ini akan membantu mereka melihat bahwa orang lain juga menikmati membaca.
  • Memasukkan karakter yang sudah dikenal ke dalam bahan bacaan: Pilih buku yang menampilkan karakter populer sehingga cocok untuk anak-anak.
  • Rayakan keberhasilan dan tonggak pencapaian: Puji usaha dan kemajuan yang dibuat oleh anak-anak setiap kali berbicara tentang bacaan mereka. Hal kecil ini dapa memotivasi mereka untuk terus membaca bahkan meskipun mereka memulainya dengan lambat.
Kegiatan yang sederhana tersebut secara bertahap akan menanamkan sikap anak untuk gemar membaca dan kebiasaan ini akan terus mereka lakukan hingga mereka beranjak dewasa.  Dengan kegiatan banyak membaca, setelah dewasa mereka akan terus merasa haus informasi dan banyak menggali informasi dengan banyak membaca.  Yuk, beri banyak mereka kesempatan untuk banyak membaca demi sukses masa depan mereka.