#ContactForm1 { display:none !important; }

Kekuatan Bermain

 Menurut pakar perkembangan anak permainan adalah bagian penting dari masa kecil. Bermain mendukung perkembangan kognitif, sosial, emosi dan karakter anak-anak. IDemikian juga memperkuat keterampilan bahasa dan fungsi eksekutif mereka. Dan itu memperkuat ikatan emosional mereka kepada orang-orang yang bermain dengan mereka.

Dalam krisis kesehatan global ini, inilah yang perlu diketahui orang tua: ketika anak-anak mengalami stres dan kesulitan, bermain menjadi lebih penting daripada sebelumnya.

Bermain pura-pura adalah cara utama anak-anak memproses emosi dan peristiwa. Dan para peneliti telah menemukan bahwa kegembiraan yang dialami anak-anak ketika mereka bermain dengan pengasuh mereka membantu mereka mengatur respons stres otak mereka. Meluangkan waktu untuk bermain dapat membantu anak-anak kita menavigasi stres, mengalami kegembiraan, dan membangun ketahanan.

Waktu bermain dapat termasuk:


1. Waktu Bermain Tidak Terstruktur
Terkadang hal terbaik yang dapat dilakukan orang tua adalah menyingkir dan membiarkan anak-anak berlari dengan imajinasi. Beberapa pakaian, beberapa boneka binatang, beberapa tongkat acak di halaman belakang atau kotak kosong yang besar bisa berubah menjadi apa saja. Beberapa anak suka membuat alur cerita dari buku, film, atau acara TV. Ketika mereka memiliki ruang dan waktu henti memilih alur cerita mereka sendiri, anak-anak dapat memanfaatkan imajinasi dan dunia internal mereka, bekerja melalui ide-ide dan situasi yang mereka temukan membingungkan, menarik, lucu atau menarik.




2. Bermain dengan Pengasuh
Ketika anak-anak bermain dengan orang tua mereka, itu memperkuat ikatan keluarga dan mengurangi ketegangan dan kecemasan. Menurut para peneliti, permainan seperti ini dapat membantu "membangun hubungan yang aman, stabil, dan membina yang melindungi dari stres beracun." Seperti yang dikatakan psikolog anak Katie Hurley, “Bermain adalah bagaimana anak-anak terhubung pada segala usia. Itulah alasan remaja mengatakan, 'Ayah, maukah kamu menembak denganku?' Dan itu juga melepaskan stres bagi orang dewasa. ” Ikuti petunjuk seorang anak dalam permainan - dan mungkin kenalkan mereka beberapa permainan favorit Anda sendiri.

Dan jika saya pernah khawatir bahwa waktu bermain mengambil dari “waktu belajar,” saya ingat kata-kata dari Fred Rogers: “Bermain sering dianggap menghindar dari pembelajaran yang serius. Tetapi bagi anak-anak, bermain adalah pembelajaran serius. ”